Notifikasi WhatsApp tidak muncul? Lihat mengatasi

Pengguna WhatsApp terkadang menghadapi masalah ketika tidak ada notifikasi pesan masuk. Mengatasinya tidak sulit.

Meringkas pernyataan resmi WhatsApp, Jumat (5/6/2022), perusahaan menekankan bahwa perangkat harus dikonfigurasi dengan benar untuk memastikan pengiriman pesan dan notifikasi WhatsApp yang cepat.

Pastikan perangkat terhubung ke internet

Pengguna dapat memeriksanya dengan membuka browser dan mengunjungi situs web. Jika Anda tidak dapat membuka situs web, koneksi internet mungkin terputus atau faktor lainnya.
BACA JUGA: Ternyata, Mantan Bos WhatsApp Menyesal Jual Aplikasinya ke Facebook

Jika halaman situs web terbuka tetapi WhatsApp masih tidak berfungsi, Anda perlu menghubungi operator dan administrator sistem Anda dan memastikan APN dan router Anda dikonfigurasi dengan benar untuk mengizinkan koneksi dan soket non-web.

Anda juga dapat mencoba jenis koneksi yang berbeda. Jika saat ini Anda terhubung ke Wi-Fi, coba data seluler atau sebaliknya.

Pastikan data latar belakang tidak dibatasi

  • Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda > Aplikasi > WhatsApp > Penggunaan data.
  • Pastikan data latar belakang tidak dibatasi.
  • Ulangi langkah di atas untuk layanan Google.

Langkah Tambahan

  • Restart telepon (matikan dan hidupkan lagi).
  • Setel ulang preferensi aplikasi dengan masuk ke pengaturan ponsel Anda > aplikasi > tombol menu > setel ulang preferensi aplikasi.
  • Hindari mengaktifkan mode tidur, misalnya dengan membiarkan ponsel Anda terhubung ke sumber listrik.
  • Keluar dari WhatsApp Web dengan membuka WhatsApp > tombol Menu > WhatsApp Web > Keluar dari semua komputer.
  • Tetap aktifkan Wi-Fi saat ponsel dalam mode tidur dengan membuka aplikasi Setelan ponsel > Wi-Fi > Ikon setelan > Tetap aktifkan Wi-Fi saat dalam mode tidur > Selalu.
  • Copot semua aplikasi pembunuh tugas. Aplikasi ini mencegah WhatsApp menerima pesan kecuali Anda membuka aplikasi.
  • Buka salah satu aplikasi Google dan keluar dari semua akun Anda (ketuk akun, gulir ke bawah dan pilih Keluar). Kemudian buka lagi dan masuk ke akun Anda lagi.

OS Android 4.1 hingga 4.4. perangkat

  • Pastikan sinkronisasi data otomatis diaktifkan di aplikasi Pengaturan ponsel Anda > Penggunaan data > Tombol menu > Sinkronisasi data otomatis.
  • Pastikan Peningkatan Wi-Fi dinonaktifkan di aplikasi Pengaturan ponsel Anda > Wi-Fi > Tombol Menu > Lanjutan > Peningkatan Wi-Fi.

Perangkat Android OS 6.0 dan di atasnya

  • Pastikan Anda telah menonaktifkan mode Jangan Ganggu atau mengizinkan pemberitahuan WhatsApp dalam mode prioritas di Pengaturan ponsel Anda > Suara > Aplikasi Jangan Ganggu.
  • Pastikan WhatsApp telah diberikan semua izin di Pengaturan ponsel Anda > Aplikasi > WhatsApp > Aplikasi Izin.

“Jika semua langkah di atas tidak membantu, kemungkinan Anda belum menerima pembaruan dari layanan push notification Google,” kata WhatsApp.

Sumber :