Apa itu lubang hitam? Sebuah lubang hitam baru-baru ini muncul di galaksi kita

Lubang hitam, atau lubang hitam supermasif, menjadi pembicaraan di kota setelah gambar pertama dirilis pada Kamis (12/5/22). Gambar tersebut merupakan kemajuan dalam penelitian lubang hitam ini. Apa sebenarnya lubang hitam itu?

Event Horizon Telescope (EHT) telah menemukan lubang hitam raksasa yang mengikat galaksi bernama Sagitarius A. Gambar lubang hitam pertama dirilis ke publik pada Kamis (12/5/22) setelah upaya untuk menggambarkan Sagitarius A sejak 2009.

Mengutip Cnet, Sagitarius A* memiliki struktur seperti donat yang mirip dengan gambar lubang hitam di tim sebelumnya. Jadi cincin bercahaya ini bukanlah produk kebetulan atau kebisingan dari lingkungan galaksi.

Lubang hitam di pusat Bima Sakti diperkirakan berjarak 26.000 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya 4 juta kali lebih besar dari Matahari.

Diskusi tentang lubang hitam masih hangat di media sosial, baik di kalangan netizen asing maupun Indonesia. Jadi apa sebenarnya lubang hitam supermasif, atau Sagitarius A*, yang telah dibicarakan para astronom sejak 1974?

definisi lubang hitam

Lubang hitam adalah tempat di ruang angkasa di mana gravitasi menarik begitu banyak sehingga bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri.

Karena cahaya tertarik ke lubang, tidak ada yang bisa melihat lubang hitam dengan jelas. Sebuah instrumen dengan kemampuan khusus akan melihat bagaimana bintang-bintang di sekitar lubang hitam bergerak secara berbeda dari bintang-bintang lainnya.

Pada artikel update 2018 ini, lubang hitam bisa berukuran besar atau kecil. Para ilmuwan percaya bahwa hotel hitam terkecil hanya berukuran satu atom. Meski kecil, lubang hitam terkecil ini memiliki massa sebesar gunung besar.

Jenis lubang hitam lainnya disebut bintang. Massanya bisa lebih dari 20 kali massa Matahari. Sedangkan tipe besar disebut lubang hitam supermasif. Orang ini dibebaskan oleh EHT Kamis lalu.

Lubang hitam super senyap, juga dikenal sebagai Sagitarius A*, setara dengan 4 juta matahari dan akan masuk ke dalam bola yang sangat besar yang dapat menampung beberapa juta Bumi.

Proses pembentukan lubang hitam

Para ilmuwan percaya bahwa lubang hitam kecil terbentuk di awal alam semesta. Lubang hitam yang lebih besar terbentuk ketika pusat bintang yang sangat besar jatuh atau runtuh dengan sendirinya.

Ketika itu terjadi, itu menyebabkan supernova, atau ledakan bintang, yang meledakkan beberapa bintang ke luar angkasa.

Meskipun tidak terlihat karena cahaya tertarik padanya, lubang hitam diketahui ada dari aktivitas bintang dan gas di sekitarnya.

Lubang hitam bisa menghancurkan bumi?

Lubang hitam tidak beredar di luar angkasa dan menyedot hewan, bulan, dan planet. Mengingat jaraknya yang sangat jauh sekitar 26.000 tahun cahaya, Bumi tidak akan jatuh ke dalam lubang hitam.

Sumber :